Jumat, 11 Oktober 2013

Ulang Tahun DPD RI Ke-9



DPD RI Berulang Tahun Ke-9


01 Oktober 2013


Jakarta, dpd.go.id – DPD RI memberikan apresiasi yang tinggi terhadap semua pihak terutama seluruh rakyat Indonesia atas keberhasilan DPD sampai usia ke-9, kekuatan kelembagaan DPD terus berlangsung baik dalam konteks kinerja legislasi dan pengawasan maupun dalam kedudukan konstitusional  dalam sistem kenegaraan. Pada puncaknya telah ditetapkan Keputusan Mahkamah Konstitusi tanggal 27 Maret 2013, yang telah mengembalikan dan memulihkan hak-hak konstitusional DPD dibidang legislasi dan prolegnas  sesuai dengan UUD 1945.  “Banyak tantangan besar harus dihadapi dan memerlukan perhatian, komitmen, kesatuan gerak langkah dan kerja keras,” tegas Irman Gusman dalam Pidatonya pada Sidang Paripurna DPD RI di Senayan-Jakarta,  Selasa (01/10/2013).. “Momentum ulang tahun yang ke-9 ini merupakan kesempatan untuk mengindentifikasi tantangan dan langkah strategis yang perlu ditempuh bersama,” tambahnya.

DPD RI secara simultan mengaktualisasikan dirinya dengan keputusan yang sudah diambil selama sembilan tahun ini yang terdiri dari 418 keputusan, 39 usul inisatif RUU, 188 Pandangan dan Pendapat atas RUU, 14 Pertimbangan, 52 Pertimbangan terkait anggaran, 116 Pengawasan atas pelaksanaan undang-undang, 4 usulan  Prolegnas dan 5 hasil Rekomendasi DPD RI. Kedepan harus ditingkatkan baik jumlah dan kualitasnya sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat, daerah, bangsa dan negara.


Sidang Paripurna DPD RI yang ke-3 dengan agenda tunggal Pidato Ketua DPD RI dalam rangka ulang tahun DPD RI ke-9 dihadiri oleh Sidartha Danusubroto (Ketua MPR RI), Marzuki Ali, (Ketua DPR RI), Muhammad Atta Ali (Ketua MA RI), Akil Muktar (Ketua MK RI), Wakil Ketua MA RI, Wakil Ketua MPR RI, Ketua Lembaga-lembaga, Lembaga Donor, para Rektor dan tamu undangan yang mewakili daerah. Rangkaian acara dalam rangka peringatan ultah DPD RI diadakan bakti social, donor darah yang diikuti oleh Anggota DPD RI, pejabat/pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal DPD/MPR/DPD RI, dan pameran foto hasil jurnalis di lingkungan parlemen yang diambil selama 1 (satu) tahun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar